Pesantran Al Irsyad Gelar Wisuda ke 100

Sabtu (5/6) Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran menggelar wisuda kelulusan santri putra angkatan 29 dan santriwati putri angkatan pertama dan kedua yang bertempat di Masjid Al Fadhl. Acara dihadiri 190 wisudawan/wati secara offline dari total keseluruhan 251 santriwan/wati yang telah lulus. Acara digelar menjadi 3 kelompok: 2 gelombang wisudawan dan 1 gelombang wisudawati. Santri lulusan yang tidak hadir berkesempatan mengikuti kegiatan wisuda secara live streaming.

Turut hadir dalam acara tersebut: Perwakilan Koramil dan Polsek Tengaran sebagai penegak prokes, DPP PIA, tiga Mudir PIA dan Wakil Mudir, Mudirah, jajaran struktural tarbiyah dan orang tua/wali wisudawan.

Meski acara dan jumlah peserta mengalami reduksi untuk mematuhi protokol kesehatan, prosesi wisuda tetap berlangsung dengan khidmat.

Pada sesi yang pertama, acara dibuka dengan sambutan oleh Mudir Tarbiyah, Ustadz Suharlan, Lc. Beliau berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar selalu menjaga ketakwaan di mana pun mereka berada. Jangan sampai ketakwaan yang selama ini melekat, lepas begitu saja ketika sudah meninggalkan pesantren yang kita cintai ini.

Setelah sambutan oleh Mudir Tarbiyah dan Dewan Pengembangan dan Pengawasan (DPP), prosesi wisuda dilaksanakan. Disusul dengan pembacaan pakta integritas, pemberian piagam penghargaan kepada wisudawan/wati berprestasi.

Pada sesi penganugerahan penghargaan santri, terdapat sebanyak 28 wisudawan serta 19 wisudawati yang telah merampungkan hafalan Al Quran 30 juz.

Konsep wisuda ini merupakan tindak lanjut hasil rapat bersama antara perwakilan pesantren dengan aparat pemerintahan setempat beserta Tim Gugus Tugas, meliputi: Camat, Kapolsek, Danramil Kepala Puskesmas, Kepala KUA, Korwil Pendidikan dari wilayah Kecamatan Tengaran.

Aparat dan Tim Gugus Tugas sempat pula melakukan peninjauan lapangan untuk mengetahui rencana alur wisuda. Pak Camat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pesantren atas terjalinnya koordinasi yang kuat antara pesantren dengan Satgas Covid-19 Tengaran selama ini.

Akhir kata, semoga para wisudawan/wati Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran dapat terus selalu berkomitmen sampai ujung hayat untuk menapaki jalan ilmu, amal, dan dakwah. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *